Home » » Kunjungan ke Alumnus HMI-MPO Komisariat Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Kunjungan ke Alumnus HMI-MPO Komisariat Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Selasa, 25 Juni 2013 | 0 komentar

Buletin edisi ke dua. 

Oleh : Edi Komara 

Salah satu program kerja kepengurusan Komisariat Fakultas Tarbiyah periode 2012/2013 adalah kunjungan ke tempat kediaman alumnus HMI KomfakTarbiyah. Program tersebut terlaksana tepat pada hari sabtu, 12 januari 2013 dan merupakan salah satu agenda triwulan kedua yang terlaksana dari kepengurusan tarbiyah periode 2012/2013. Alumnus yang bersedia untuk dikunjungi pada waktu itu ialah bapak ma’ruf yang berkediaman di daerah Ring Road Barat Yogyakarta. Sudah saatnya program kunjungan kepada alumni ini diterapkan pada setiap komisariat dilingkungan UIN sunan Kalijaga. Mengingat banyaknya alumni HMI MPO UIN Sunan Kalijaga yang tersebar disekitar kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain itu program ini memiliki tujuan untuk menyambung tali silaturahim dan membangun relasi yang baik antara anggota aktif HMI MPO dengan alumninya. Karena organisasi yang baik yaitu organisasi yang dapat membangun relasi yang kuat antara alumni, pengurus dan anggota sehingga ketika ada suatu permasalahan dalam organisasi tersebut dapat dipecahkan dengan koordinasi antara anggota dan pengurus, dan apabila hal tersebut tidak kunjung membuat masalah usai, maka konsultasi dengan pihak alumni yang lebih berpengalamanperlu dilakukan. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk sharing dan bertukar fikiran mengenai problematika yang selama ini terjadi dalam lingkup HMI MPO Komfak Tarbiyah UIN Sunan Kali jaga khususnya dan dinamika yang terjadi di tanah air Indonesia ini.

Kegiatan ini diawali dengan brifing terlebih dahulu di depan pos satpam UIN Sunan Kalijaga yang diikuti oleh sebagian pengurus dan kader Komfak Tarbiyah. Kemudian dilanjutkan dengan pemberangkatan menuju kediaman mas ma’ruf yang terletak di daerah Ring Road Barat Yogyakarta sekitar pukul 10.30 WIB. Sebagian pengurus dan kader tidak patah semangat menerjang panasnya kota jogja demi menyambung tali silaturahim dengan alumni tarbiyah yang berkediaman di sekitar Universitas Muhamadiyah tersebut.

Ketika sampai di sebuah sekolah yang terletak ditengah-tengah kediaman warga, terlihat mas ma’ruf yang berpakaian rapi sambil melambaikan tangan sembari menyapa teman-teman komfak tarbiyah yang berkunjung untuk menemuinya. Walaupun pertemuan teman-teman HMI komfak tarbiyah dengan mas ma’ruf dilaksanakan disekolah tempat beliau bekerja, hal tersebut tidak mengurangi kehidmatan pelaksanaan temu alumni yang direncanakan oleh pengurus. Satu persatu dari sebagian teman-teman komfak tarbiyah menyalami mas ma’ruf silih bergantian yang kemudian dipersilahkan untuk masuk kedalam sebuah ruangan sembari melepas lelah dan keringat yang menyelimuti tubuh serta berbincang-bincang secara santai. Kemudian sebelum alur perbincangan melebar lebih luas, salah seorang dari pengurus membuka forum dan menyampaikan maksud serta tujuan kedatangan teman-teman komfak tarbiyah ketempat mas ma’ruf yang terletak di sekitar daerah Ring Road Barat itu. Selanjutnya setelah forum dibuka, satu persatu dari teman-teman tarbiyah memperkenalkan diri mereka masing-masing yang dilanjutkan dengan penyampaian pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah sepak terjang Hmi MPO Komfak Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, dan problematika yang bergulir ketika masanya, pengalaman yang dimiliki oleh mas ma’ruf ketika berkecimpung didalam dunia yang penuh dengan realistik, problematika dan dinamika serta isu-isu hangat yang sedang diperbincangkan di kalangan masyarakat dewasa ini. “Saya yakin, dewasa ini seluruh organisasi yang berbentuk pergerakan, himpunan, berasaskan pancasila, islam maupun al-qur’an dan hadis pasti menghadapi problematika yang sama, yaitu materi. Oleh karena itu, kita selaku generasi HMI MPO harus dapat mensiasati problematika tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menjunjung tinggi independensi dalam berorganisasi dan intelektual yang tinggi dalam menganalisa seluruh dinamika yang terjadi dimuka bumi ini ”tutur mas ma’ruf, salah satu alumni Tarbiyah tersebut.

Dengan adanya kunjungan alumni ini diharapkan dapat menjalin tali silturahmi yang baik dengan alumni khususnya dan pihak luar pada umumnya serta dapat menambah wawasan, pengetahuan dan membuka fikiran kader dan alumni akan pentingnya memegang teguh identitas HMI MPO yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam era globalisasi sehingga dapat terwujud insan ulul albab yang siap untuk menghadapi tuntunan zaman yang semakin berkembang hari demi hari.


 "Penulis merupakan salah seorang yang tergerak hatinya untuk belajar menulis dan merupakan salah satu pengurus komfak tarbiyah". Periode 2012/2013. Moh Edi Komara (Bendahara Umum KOMFAK TARBIYAH).
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
: