Home » » KEBIJAKAN ROMO MANGUN

KEBIJAKAN ROMO MANGUN

Selasa, 25 Juni 2013 | 0 komentar

Judul: Kotak Hitam Sang Burung Manyar.

Penulis: Y Suyatno Hadiatmojo Pr 

Penerbit: Galang Press

 Cetakan I, 2013 

Tebal: 109 halaman. 

Romo mangun itu sosok legendaries. Ia dikenal bukan hanya di wilayah Yogyakarta. Tetapi seantero nusantara. Kiprah dan pelayanannya juga tidak hanya di tujukan pada para jemaat dalam komunitas katolik. Tetapi juga semua umat beragama.

Demikanlah yang terekam dalam karya salah satu muridnya, Y Suyatno Hadiatmojo Pr ini. Dengan judul ` Kotak Hitam Sang Burung Manyar ` , sang murid mengumpulkan dalam 75 tulisan mengenai sosok yang di kenal multidimensional tersebut. Terutama percikan kebijakan yang terkandung dalam setiap cerita yang dialami penulis buku selama 10 tahun berguru kepada sang room.

Begitu banyak nasehat dan kata bijak yang bisa di serap dalam buku setebal 109 halaman ini. Maklum saja, selama hidup, room mangun memang dikenal orang yang bergaul dengan siapa saja dan mau menekuni apa saja. Mulai dari masyarakat kedung ombo yang tergusur hingga ke perkampungan kumuh di sungai code yogya. Didasarnya.

Hasilnya, tidak begitu mengherankan jika banyak buku yang menampilakan gagasan serta pemikiran untuk diterbitkan dan dikenalkan pada para pembaca. Meski demikian, buku ini tetap saja istimewa mengingat dikisahkan oleh saksi mata yang hamper setiap hari bergaul dengan kehidupan room mangun itu sendiri.

Sebagaimana dikatakan penulis, buku ini ibarat rekaman nasehat dan sharing pengalaman hidup dari romo mangun dalam upaya menjadi manusia yang siap hidup dan menghidupi lingkungan sekitarnya. Harapannya, agar pembaca dapat terinspirasi untuk menjadi manusia yang selalu berguru pada pengalaman hidup.


“Resensi Buku Oleh Ketua Bidang Unit Pengembangan Intelektual dan Pelatihan HMI Komfak Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga”. Periode 2012/2013.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
: